Sabtu, 09 November 2013

VLAN (Virtual Local Area Network)


VLAN adalah suatu metode yang digunakan dalam jaringan komputer yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN, hal ini mengakibatkan suatu network dapat dikonfigurasi secara virtual tanpa harus menuruti lokasi fisik peralatan. Virtual Local Area Network (VLAN) berguna untuk membagi broadcast domain, membagi berdasarkan job function atau departement tanpa memperhatikan lokasi dari si user dan di setiap berbeda VLAN itu mempunyai traffic masing-masing.



Keuntungan:
1.    Keamanan, karena dalam lingkup jaringan dibagi menjadi jaringan-jaringan yang lebih kecil dan disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya dalam satu jaringan sekolah terdapat jaringan khusus guru, murid dan umum.
2.   Hemat biaya, penghematan dari penggunaan bandwidth yang a

da dan dari upgrade perluasan network yang bisa jadi mahal. rena end device yang terhubung dalam jaringan yang sama hanya dihubungkan dengan Switch dan Switch saja tanpa harus menambah kabel baru yang panjang untuk menghubungkan antarjaringan.
3. Broadcast storm mitigation, pembagian jaringan ke dalam VLAN-VLAN akan mengurangi banyaknya device yang berpartisipasi dalam pembuatan broadcast storm. Hal ini terjadinya karena adanya pembatasan broadcast domain.
4.  Performa, jika tidak menggunakan VLAN maka saat broadcast akan mengirim ke semua end device yang terhubung. Hal ini tentu akan membuat kinerja jaringan menjadi lebih lambat. Dengan VLAN broadcast hanya akan dikirim ke end device yang memiliki VLAN ID yang sama saja.

Mode port pada Switch yang diatur:
Access, merupakan mode pada port yang hanya bisa memuat satu VLAN ID. Mode ini digunakan untuk menghubungkan Switch dan end device.
Trunk, merupakan mode pada port yang bisa memuat semua VLAN ID. Mode ini digunakan untuk menghubungkan antar Switch.

Mengaplikasikan VLAN sederhana dengan Packet Tracer:









Fast Ethernet 0/24 digunakan untuk menghubungkan switch dengan switch, di mana setting harus Trunk.


Pada menu Setting isikan VLAN Number 10 VLAN Name vlan10, lalu VLAN Number 20 VLAN Name vlan20.

Jangan lupa setting kedua switch seperti di atas, karena contoh di atas saya hanya memberi contoh setting pada salah satu switch saja. Oke, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar