Sabtu, 15 Oktober 2011


Hal-hal Sepele untuk Menghemat Listrik Di Rumah (AC, Kulkas, Lampu)



Pemborosan listrik dalam kehidupan sehari-hari menyebabkan tagihan bulanan membengkak. Upaya penghematan yang efektif sebenarnya dapat dimulai dengan melakukan hal-hal sepele di rumah. Seperti hal-hal berikut ini :

  1. Tahukah Anda bahwa setiap penurunan satu derajat, AC (pendingin ruangan) membutuhkan tambahan daya sebanyak 6%. Agar lebih hemat daya, sebaiknya set AC pada suhu ideal 24-25 derajat Celcius. Suhu ideal itu dapat optimal dirasakan jika ruangan tertutup rapat. AC juga tidak lagi boros energi apabila filter dan coil AC rutin dibersihkan.
  2. Pemborosan energi juga sering terjadi pada penggunaan lemari es. Tanpa disadari, sebanyak 7% energi terbuang apabila pintu lemari es terlalu sering dibuka atau terlalu lama terbuka. Lemari es tua yang berusia di atas 10 tahun juga semakin boros energi. Bahkan, peningkatan kebutuhan dayanya bisa mencapai 75% dan sebaiknya diganti.
  3. Lebih baik tinggalkan penggunaan lampu pijar di rumah. Gunakanlah lampu hemat energi yang sekarang ini sudah banyak dipasaran. Dibandingkan lampu pijar, lampu hemat energi ini mampu menghemat lebih dari 50% energi.
So, sudah saatnya kita mulai menghemat energi mulai sekarang, selain menghemat tagihan listrik bulanan manfaat yang lain juga bisa kita dapatkan.

0 komentar:

Posting Komentar